Jumat, 19 November 2010

catatan akhir tahun 2010

mungkin terlalu cepat jika saya menulis ini pada pertengahan bulan november,tetapi saya rasa berhubung saya punya waktu dan merasakan perubahan yang cukup drastis dari 11 bulan ke belakang maka tepatlah jika sekarang saya menuliskan beberapa catatan akhir tahun sekarang.

dua ribu sepuluh adalah tahun dimana saya menemukan diri saya dalam permasalahan permasalahan yang cukup berat dalam ruang lingkup kehidupan,kemudian ditambah dengan benturan mental dan pada akhirnya pemilihan jalan hidup yang cukup bertolak belakang dari kehidupan saya pada tahun tahun sebelumnya.

mungkin ada baiknya jika saya membagi cerita saya dalam beberapa sesi,meskipun satu sama lain sangat terkait,karena saya ingin fokus pada setiap elemen yang terjadi dalam kehidupan saya.

bagian pertama: antara dedikasi dan hobi

seperti yang saya tahu sedari awal saya memulai kuliah,saya memiliki niat untuk mendalami fotografi,desain dan seni,meskipun itu berarti bisa dibilang saya salah jurusan ( saya mengambil jurusan IT ). tahun demi tahun berlalu dan hebatnya saya lulus tepat waktu meski saya bilang pada diri saya sendiri bahwa saya tidak memiliki passion di IT.tapi betulkah begitu?
saya sendiri pada awal tahun ketika saya lulus kuliah,memegang ideologi untuk berdiri sendiri dan tidak bekerja pada korporat. tetapi kenyataannya semua itu hanya terjadi di otak saya,saya tetap saja,meskipun freelance,bekerja pada korporat.
ketika saya menyadari hal ini,saya kemudian memutuskan berhenti untuk bekerja meskipun freelance ( tetapi studi masih saya tetap lanjutkan ), tetapi apa yang terjadi adalah kekosongan besar. saya mencoba untuk memulai desain,tetapi sejujurnya,passion mungkin memang ditentukan oleh bakat dan kerja keras dan saya,sejujurnya,sangat kurang dikeduanya. jadi sebetulnya apa yang terjadi pada diri saya?
ketika saya sadar sekarang,hampir semua pekerjaan yang saya selesaikan adalah pekerjaan IT,dan saya merasa bahwa dalam IT,ilmu yang saya miliki cukup baik dan bervariasi. bahkan saya kini sedang mengambil jalur master di manajemen sistem informasi. ketika pertama kali saya bertanya pada diri saya sendiri,mengapa saya mengambil jurusan ini,sejujurnya ketika awal saya hanya mengikuti keinginan orang tua,tetapi ketika saya sadari,sayalah yang memilih untuk mengikuti bahkan saya baru sadar,orang tua saya hanya menyarankan untuk mengambil manajemen tetapi sayalah sendiri yang menambahkan kata sistem informasi. ya,sadar atau tidak,atau mungkin,mau mengakui atau tidak,saya memang tertarik pada IT.
mungkin jawabannya satu,saya sedang tidak menjadi diri saya sendiri! saya mungkin melihat orang lain yang bekerja di bidang desain dan seni itu hebat,tetapi pada kenyataan tidak untuk saya. saya justru sebenarnya secara tidak sadar,menyukai IT dan merasa nyaman di ruang lingkup ini. saya memiliki ideologi yang salah dimana saya mengangkat ideologi kebebasan orang lain menjadi ideologi kebebasan milik saya.
saya merasa ini waktu yang tepat untuk mengakhiri niat saya berkarier di dunia desain , fotografi dan seni. beberapa bulan terakhir ini ketika saya mencoba untuk melompat karier, saya menemukan diri saya tidak fokus ketika IT masih membuka peluang untuk saya dan dunia desain,fotografi dan seni terasa begitu menekan saya dari segi finansial dan peluang untuk bekerja.
pengakuan ini berat bagi saya sejujurnya,ketika saya sebetulnya cukup menikmati ketika saya memulai untuk mengambil foto atau menghasilkan desain,tetapi ketika saya sadar bahwa saya sendiri tidak puas dengan hasil yang saya pegang,bagaimana dengan orang lain?dan itu adalah alasan yang cukup untuk mengakhiri niat saya.
saya rasa satu tahun ini adalah bukti yang cukup,dimana saya harus memilah desain fotografi dan seni sebagai hobi,dan mendedikasi diri saya hingga akhir untuk dunia IT dimana saya bisa menghasilkan baik dari segi finansial maupun kehidupan.
lalu bagaimana dengan ideologi ingin berdiri sendiri?

bagian kedua:ideologi dan kepercayaan

seperti yang saya singgung di awal,saya memiliki ideologi untuk berdiri sendiri dan tidak bergantung kepada korporat.tetapi seiring berjalannya waktu saya sadar,manusia adalah mahluk sosial. manusia tidak bisa berdiri sendiri. lagipula,apa bedanya jika saya nanti bekerja sendiri,saya pada akhirnya jika suksespun akan memiliki korporat sendiri.
yang saya tahu,ideologi saya bermula kepada ketidakinginan saya untuk bekerja monoton antara pukul tujuh pagi hingga tujuh malam. tetapi mungkin kesalahan saya adalah memandang bahwa semua korporat adalah monoton,ketika pada akhirnya saya menemukan bahwa saya sendiri sangat monoton bekerja sendiri.
yang saya bisa simpulkan adalah bekerja. dimanapun kita bekerja dan apapun yang kita kerjakan haruslah sesuatu yang sebetulnya kita bisa laksanakan bukan? maka ideologi saya tentang korporat pun perlahan mulai runtuh. lagipula jika saya memang begitu inginnya berdiri sendiri maka sebelumnya saya harus belajar pada korporat korporat besar bagaimana mereka membangun kerajaan bisnisnya.
saya juga menemukan bahwa ideologi apapun,tidak lah murni ideologi yang lahir dari harafiah manusia,apapun itu,ideologi adalah suatu ikatan. sebagai contoh anarkisme dimana ideologi tersebut menyatakan bahwa sebetulnya tidak perlu ada aturan,kita terikat pada aturan dimana tidak ada aturan.
pertarungan ideologi,sebetulnya,hanya dilandaskan karena setiap individu hanya membela apa yang diyakininya. sama halnya dengan kepercayaan ketika satu agama bentrok dengan agama lain. saya sempat menemukan diri saya dimana saya harus membela agama yang saya bawa sejak lahir.tetapi dalam hati saya,saya tahu tidak ada pihak yang salah,dan saya percaya,ketika saya lahir di sisi satunya,saya akan menemukan hal yang sama.
maka catatan yang saya garis bahwa apapun ideologi atau kepercayaan harusnya kita mengambil manfaatnya dan membuang jauh jauh sisi saling membenci hanya karena perbedaan,kita semua sebetulnya hanya sebuah ampas dari lingkungan yang membentuk kita.

bagian terakhir:kesimpulan.
tulisan yang saya buat ini bukan untuk siapa siapa,saya tahu tulisan ini sangat berantakan dan tidak rapih dan saya tidak peduli karena ini adalah catatan untuk diri saya sendiri kelak. yang jelas,di akhir tahun ini banyak yang saya garis bawahi,mulai dari kemana saya harus fokus,apa yang harus saya rubah dan apa yang saya harus akhiri. mungkin ada beberapa hal relevan yang masih harus saya catat tapi sekira ini cukup akhir tahun 2010.

semoga sukses di tahun 2011!


Tidak ada komentar: